Siswa-siswi SMK Negeri 2 Muara Enim dengan di dampingi Ibu Ika Riva Permata Hati, SE, Msi selaku guru seni dan budaya,  melakukan kegiatan praktek Seni Mural atau Seni Melukis Dinding di lingkungan SMKN 2 Muara Enim. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Lebih lanjut menurut Waka Kesiswaan Bapak Bambang Gusviantara, S.Pd. MM, tujuan dari melukis dinding adalah merupakan bagian dari mata pelajaran seni budaya. Siswa-siswi  SMKN 2 Muara Enim sangat antusias membuat mural atau seni melukis dinding guna menyalurkan bakat di bidang seni budaya terutama pada seni melukis. Dengan seni melukis dinding ini, dapat menjadikan sekolah lebih indah dan membuat siswa lebih betah berada di lingkungan sekolah, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung SMK Negeri 2 Muara Enim.

Dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah memfasilitasi tempat dan cat dasar. Dengan tema melukis terbagi menjadi 2 yaitu tentang Sekolah Adiwiyata dan Perkenalan Setiap Jurusan.

Di seluruh dunia khususnya di Indonesia, seni mural atau lukis dinding sudah menjadi alat multifungsi sebagai media seni promosi perusahaan atau tempat usaha seperti Hotel, Usaha Karaoke, Obyek Wisata, Mall, Supermarket, Distro , Ruko, Spa, Rumah Kecantikan, Kolam Renang, Waterboom, Sekolah, TK, PAUD, Playgroup dan yang lainnya. Seni ini juga mempunyai fungsi sebagai dekorasi rumah atau seni menghias rumah. Media dinding rumah yang dapat diberikan sentuhan seni mural atau lukis tembok antara lain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan, Kamar Tidur, Kamar Anak, Pagar Rumah, Gudang akan tampak lebih indah.