sejarah singkat smkn 2 muara enim

SMKN 2 MUARA ENIM

Sejarah Berdirinya SMKN 2 Muara Enim

• Direktorat Dikmenjur Jakarta mempunyai program pembangunan SMK Negeri 2 Muara Enim terletak di kampung Muara Enim di Muara Enim yang akan dibiayai oleh Bantuan LOAN OECF II Jepang, adapun syarat pembangunannya : ada lahan/tanah yang dihibahkan dalam bentuk sertifikat yang isinya kesediaan Pemda TK II Muara Enim menyelesaikan sertifikat tanah 3 Ha, atas nama Ka. Kanwil Depdikbud Propinsi Sumatera Selatan.

• Bupati Muara Enim pada Tanggal 19 September 1996 mengeluarkan SK tentang pemberian hak penggunaan atau pemanfaatan Tanah milik Pemda TK II MUara Enim seluar 3 Ha (EX BBI) yang pada saat itu terdapat tanam tumbuh dan gudang milik Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan.

• Atas dasar SK tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan melalui OECF melaksanakan pembangunan STM Negeri yang rencananya mulai dibangun gedung permanen pada tanggal 20 Juli 1999.

• Pelaksanaan pembangunan berlangsung 6 bulan dan selesai bulan Pebruari 2000 dan siap menerima Siswa Baru TP. 2000/2001.

• Atas dasar SK Mendiknas RI No. 217/O/2000 tentang pembukaan dan penegrian sekolah maka SMK N 2 Muara Enim mulai menerima siswa baru pada bidang keahlian Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

• Kemudian SMK Negeri 2 Muara Enim selalu berupaya melakukan pengembangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar maka sekolah mendirikan Beberapa Program keahlian seperti Teknik Otomotif, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Tata Busana , Tata Boga serta Teknik Geomatika.

• Sampai saat ini SMK Negeri 2 Muara Enim mendapatkan sertifikat ISO Pada tanggal 25 juni 2009 dan di tetapkan Rintisan Sekolah Bertaraf International dengan diperkuat oleh SK Bupati Muara Enim pada tanggal 28 oktober 2010. SMK Negeri 2 Muara Enim Merupakan Sekolah ADIWIYATA MANDIRI yang diperoleh ditahun 2015.